Menulis adalah Proses Bernalar

Topik: menulis adalah proses bernalar

Judul: Menjadikan menulis sebagai sebuah karya tulisan

Tujuan Penulisan:

– memberikan informasi kepada publik dengan menulis kita dapat meraih sebuah penghasilan.

– mengajak masyarakat luas untuk belajar dan menyukai hasil karya tulisan.

– memberikan ilmu kepada masyarakat

 

Sewaktu kita masih anak-anak, pasti kita diajarkan yang namanya membaca dan menulis. Pengajaran tersebut dilakukan oleh orang tua, kakak kita, maupun dari sanak saudara yang singgah ke rumah orang tua kita. Dalam membaca, pada awalnya kita diperkenalkan yang namanya huruf.bagaimana cara membaca huruf demi huruf. Kemudian menggabungkan beberapa huruf sehingga menjadi sebuah kata. Contoh:

–          AYAH                     –              IBU

–          KAKAK                  –              ADIK

Dari kata demi kata itu lah, kita diajarkan cara penglafalan hruf demi huruf dan kata secara baik dan benar. Seiring dengan berjalannya waktu, kita terus diajarkan dan terus berlatih sehingga kita pandai dalam membaca.

Ketika dalam proses pembelajaran membaca, kita juga diajarkan yang namanya menulis. Apa itu menulis? Menulis adalah proses bernalar. Yang dimana kita diajarkan huruf A itu seperti ini, huruf B seperti ini, dan seterusnya. Kemudian bagaimana cara menulis kata per kata sehingga menjadi sebuah kalimat. Dalam menulis, ada beberapa teknik yang di ajarkan, seperti halnya menulis huruf sambung atau biasa yang kita kenal dengan nama huruf anggun atau tulisan anggun.

Dengan pembelajaran membaca dan menulis itu, kita dapat mengerjakan dan menyelesaikan tugas-tugas sekolah, perkuliahan, maupun pekerjaan perkantoran. Tidak hanya sampai di situ saja, dengan menulis kita juga dapat mendatangkan uang atau sebuah rezeki. Kenapa bias? Jangan heran, dengan bisanya kita menulis, kita dapat membuat sebuah hasil karya. Yaitu sebuah hasil karya tulisan yang kita buat dengan indah.

Karya tulis atau karya tulisan adalah sebuah hasil karya(objek) yang kita buat berupa tulisan. Karya tulisan tersebut dapat kita buat dengan  menyalurkan inspirasi atau ide yang kita punya kemudian kita tuangkan ke sebuah karya tulisan.sehingga kita dapat menyalurkan apa saja yang kita ingin sampaikan ke tulisan tersebut. Dan pada akhirnya, para pembaca dapat menikmati hasil karya yang kita buat tersebut.

Dalam pembuatan karya tulis, kita melakukan proses penalaran dari pemikiran kita sendiri dan tidak sedikit kemungkinan bila kita mendapat inspirasi dari orang lain. Contoh dari karya tulisan seperti: Novel, Puisi, dan Cerpen.

Dengan adanya kita menyukai menulis dan menjadikan menulis adalah sebuah hobi, maka tidak menutup kemungkinan dalam pembuatan karya tulisan menjadi lebih mudah dan membuka pintu rezeki untuk mendapatkan sebuah penghasilan.

 

Semoga bermanfaat..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: