4 Hal Penting Seputar Aki

Klakson yang tidak berbunyi lantang seperti biasanya. lampu yang nyalanya mulai meredup. ditambah dengan waktu starter mesin yang menjadi lebih lama. kondisi di atas biasanya sebuah pertanda bahwa aki mobil sudah mulai rusak atau dikenal juga dengan istilah aki soak. suatu aki mulai rusak ketika tidak bisa menyimpan arus listrik dengan baik atau tegangan (voltase-nya) turun dari yang seharusnya.

pada umumnya, umur pakai aki seperti aki basah sekitar 1,5 hingga 2,5 tahun. akan tetapi, hal ini pun tergantung kondisi mobil atau motor. untuk menjaga agar aki jenis ini tetap bekerja optimal, anda dapat memperhatikan beberapa hal berikut:

  1. Perhatikan indikator air aki. jika indikatornya menyatakan kekurangan air, segera tambahkan air aki sesuai dengan takarannya. anda dapat melakukannya sebelun kendaraan dihidupkan di pagi hari. sebaiknya, air aki selalu terjaga di antara tanda low level dan upper level. sebab, air aki berfungsi untuk membantu mendinginkan sel-sel aki.
  2. Jaga aki ketika mobil tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama. jika anda akan berpergian dalam jangka waktu yang cukup lama dengan kendaraan umum, tentu mobil akan disimpan di rumah. agar kondisi akinya tetap terjaga, anda dapat melepas terminal negatif pada aki. lalu, kepala aki yang dicopot tersebut dibungkus dengan kain. hal ini bertujuan menjaga agar terminal negatif tidak bersentuhan dengan body mobil.
  3. cek secara berkala kondisi aki. contohnya, anda dapat memeriksa kondisi terminal aki (positif maupun negatif). dari situ anda dapat melihat apakah terjadi korosi atau tidak. jika terdapat sedikit korosi, anda dapat membersihkannya dengan menyiramkan sedikit air panas pada kedua terminalnya.
  4. hemat tenaga di aki. salah satu caranya, dapat anda lakukan dengan mematikan komponen-komponen kelistrikan ketika hendak mematikan mobil. contohnya adalah, lampu luar, AC, radio/tape, CD, dan charger ponsel.

Selamat merawat aki..

 

Sumber: Klasika, Kompas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: