Biografi Josep Guardiola

Josep Guardiola i Sala


Lahir 18 Januari 1971 (umur 39 tahun) di Santpedor, Spanyol. Guardiola adalah seorang mantan pemain sepak bola Spanyol yang kini melatih untuk klub FC Barcelona. Dia pernah bermain di klub utamanya seperti FC Barcelona, Brescia, Roma, Al-Ahli, dan Sinaloa.

Di timnas Spanyol, dia bermain 47 kali dan mencetak 5 gol dalam rentang waktu 1992-2001. Dia juga sempat bermain untuk Catalunya selama 7 kali dalam rentang waktu 1995-2005.

Setelah pensiun sebagai pemain, Guardiola menjadi pelatih bagi tim FC Barcelona B. Pada tanggal 8 Mei 2008, FC Barcelona, Juan Laporta mengumumkan kalau Guardiola akan menggantikan Frank Rijkaard sebagai pelatih tim utama. Dia menandatangani kontrak pada 5 Juni 2008.

Di musim awal kepelatihan Guardiola, FC Barcelona berhasil menyudahi puasa gelar dengan meraih tiga gelar atau treble sekaligus, yaitu La Liga, Copa del Rey, dan Liga Champions. Selain itu FC Barcelona juga menjadi tim tersubur di diantara jajaran liga-liga top Eropa dengan mencetak kurang lebih 150 gol di semua kompetisi.

Gelar (sebagai pelatih)

Bersama FC Barcelona

 

Sumber: Wikipedia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: