Tampil Apik dengan Batik

Ada sebuah momen kebanggaan bangsa Indonesia. Momen itu berupa Hari Batik Nasional yang dirayakan setiap tanggal 2 Oktober.

Peringatan Hari Batik Nasional dating dengan latar belakang pengukuhan dari United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) terhadap batik sebagai warisan pusaka budaya (world heritage) dari Indonesia pada 2 oktober 2009 lalu.

Penghargaan dunia terhadap batik tentu sangat membanggakan. Namun, penting juga untuk melakukan kesadaran menjadi tren sesaat yang bias hilang begitu saja. Akan tetapi, bagaimana agar identitas dan kecintaan pada batik di kehidupan modern ini tidak akan memudar. Ia bukan hanya bagian dari masa lalu, tapi juga masa kini dan eksis di masa datang.

Oleh karena itu, sebagai wujud kepedulian, kecintaan, dan partisipasi dalam upaya pelestarian batik, PT KAO Indonesia dan perancang busana kenamaan Edward Hutabarat berkolaborasi untuk sebuah kampanye “Cintaku pada Batik Takkan Pernah Pudar”.KAO juga membuat situs khusus batik yaitu www.batikcintaku.com

Sebagai contoh, informasi cara merawat batik ada di dalam situs tersebut. Tahap-tahapnya adalah pisahkan dari pakaian lain, karena batik baru mudah luntur, tergantung kualitas pewarnaan dan kainnya. Lalu, cuci batik dengan sabun pencuci khusus untuk batik. Cuci dengan tangan, jangan menggunakan mesin cuci atau sikat. Kemudian, kucek lembut. Jangan memeras batik karena akan menyebabkan serat kain kusut, lalu bilas dengan air bersih. Niscaya batik akan awet dan anda siap tampil apik.

 

Klasika, Kompas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: