Hindari Lecet Karena Salah Mencuci

Mempertahankan body sepeda motor tetap menawan tentu idaman bayak orang. Tak heran jika mereka sangat menjaga sepeda motornya dari risiko terserempet kendaraan lain. Namun, bagaimana jika lecet pada body sepeda motor terjadi gara-gara salah mencuci? Berikut adalah beberapa hal yang perlu anda perhatikan:

Kesalahan dalam membersihkan motor dapat mengakibatkan timbulnya lecet-lecet halus atau yang disebut swirl mark. Jangan anggap remeh masalah ini karena kehadiran swirl mark pada permukaan badan motor sehingga membuatnya kurang sedap dipandang.

Untuk menyiasatinya, anda dapat membersihkan sepeda motor sendiri dengan beberapa kiat khusus. Pertama, siapkan sampo khusus mobil atau motor, kain bersih kecil yang lembut untuk meratakan sampo, dan lap chamois untuk mengeringkan motor.

Bila semua perlengkapan telah siap. Mulailah dengan menyemprot seluruh badan motor, berhati-hatilah agar anda tidak menyemprot bagian-bagian motor yang riskan seperti bagian dalam knalpot. Biarkan air meluluhkan debu dan kotoran yang menempel.

Setelah bersih dari debu dan kotoran, ratakanlah busa sampo ke seluruh permukaan badan motor dengan menggunakan kain kecil yang telah disediakan. Gunakanlah hanya sampo khusus untuk mobil atau motor. Sebaiknya anda tidak menggunakan deterjen atau sabun colek, karena kandungan yang terdapat di dalamnya cukup keras, sehingga bila digunakan dapat merusak cat motor.

Ketika meratakan busa sampo, mulailah dari bagian atas badan motor dan diteruskan sampai bawah. Gerakan melingkar pada saat melakukannya akan memeberikan hasil yang maksimal dalam membersihkan sisa kotoran yang melekat. Ulangi bila perlu sampai semua kotoran yang melekat terangkat sempurna.

Setelah selesai menggosok badan motor, semprotlah kembali dengan air sampai seluruh sisa sampo terbilas bersih. Pembilasan yang tidak sempurna akan meniggalkan jejak putih bila kering.

Nah, kalau sudah selesai membilas, keringkan segera badan motor anda agar tak terbentuk bekas air. Yang paling bagus adalah menggunakan lap chamois karena lap ini mempunyai daya serap sempurna. Namun, bila tidak memungkinkan, dapat juga diganti dengan lap bersih lain yang lembut dan berdaya serap baik.

Sumber: Klasika,Kompas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: