Menjaga Privasi Ponsel Pribadi

Berabagai macam data yang ada di ponsel pribadi kita merupakan hak privasi pemilik ponsel. agar data tersebut aman, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan.

Saat ini ponsel memang menjadi alat multifungsi. urusan transfer datanya pun semakin mudah saja. jika dulu infrared digunakan mentransfer data, namun kini  dapat menggunakan bluetooth untuk mengirim maupun menerima data. mengirim lewat bluetooth sangat mudah dan cepat, namun sebaiknya bluetooth diaktifkan jika kita hendak mengirim atau menerima data saja. hal ini dikarenakan berisiko disusupi orang lain dan menghindari data-data asing yang dapat masuk ke ponsel anda yang berupa virus.

Jangan lupa mem backup data dalam ponsel ke dalam komputer. hal ini dilakukan untuk berjaga-jaga jika sewaktu-waktu data di ponsel anda hilang. hal lain yang perlu diperhatikan, jika ponsel anda rusak dan akan dibawa ke tempat servis, sebaiknya anda jangan lupa mencabut memory card dan memory phone. hal ini mengantisipasi pihak-pihak yang tak bertanggung jawab yang dapat mengonsumsi dan menyebarkan data privasi dari ponsel anda.

Hati-hati juga ketika ponsel anda dipinjam orang lain. untuk berjaga-jaga, sebaiknya anda menyiapkan folder khusus untuk data pribadi yang hanya dapat diakses oleh anda sendiri.

 

Sumber: Klasika, Kompas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: