Tips Merawat Talang untuk Hindari Kebocoran

Rumah-rumah di Indonesia  sebagian besar menggunakan apa yang disebut talang. ini karena curah hujan cukup tinggi di negeri tropis ini. berikut beberapa tips agar talang tidak menjadi masalah, terutama di musim hujan seperti ini:

  1. Secara umum, talang terbagi menjadi dua bagian, yaitu talang yang berada di sepanjang bibir penutup atap (disebut juga talang horizontal karena arahnya mendatar) dan talang yang berdiri untuk menyalurkan air sampai ke tanah (disebut talang vertikal karena arahnya tegak atau berdiri). talang horizontal sendiri terbagi atas talang terbuka dan talang tersembunyi. yang rawan adalah talang tersembunyi, yang letaknya di bawah atap tidak langsung terlihat dari luar. jika terjadi kebocoran, perbaikannya akan lebih sulit dilakukan. sebaiknya hindari bentuk talang yang bersembunyi.
  2. Perhatikan kemiringan dan luas atap sebelum memasang talang. hal ini berpengaruh terhadap volume mengalirkan air pada saat hujan turun.
  3. Pada talang horizontal, terdapat cangkuk, yaitu besi cekung sebagai pegangan badan talang. cengkuk ini biasanya dipasang pada jarak 70cm – 80cm. bila jarak cengkuk terlalu jauh, akibatnya talang yang penuh berisi air bisa melendut dan lama-kelamaan bocor.
  4. Salah satu musuh talang adalah sampah yang jatuh ke atap. Pencegahannya cukup mudah, jalur air hujan tersebut cukup di bersihkan secara teratur agar tidak mampet.
  5. Selain dibersihkan, pastikan dipasang penutup yang berbentuk saringan untuk mencegah benda-benda yang dapat menyumbat saluran.

Perhatikan selalu talang rumah anda, terutama jika musim hujan datang.

Selamat Mencoba..

Sumber: Klasika, Kompas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: