Perhatikan Masalah pada Petunjuk Temperatur

Fungsi Indikator petunjuk temperatur sangat penting karena setiap pengemudi harus bisa memantau suhu mesin. oleh karena itu, sebagai pengemudi kita wajib memerhatikan indikator tersebut selama perjalanan.

Ada 3 bagian yang berkaitan dengan indikator penunjuk suhu:

  1. Switch temperature yang terletak di mesin. komponen ini yang mengirim sinyal/memantau suhu mesin. bisa jadi komponen ini sudah rusak atau permukaannya yang ditanam ke dalam mesin sudah ditutupi kotoran yang terbawa air pendingin. oleh karenanya kuras radiator wajib dilakukan secara rutin, karena switch temperatur yang kotor adalah salah satu akibat pemeliharaan yang kurang pada sisitem pendingin.
  2. Kabel yang menghubungkan switch temperature ke jarum penunjuk. untuk yang satu ini di butuhkan mekanik yang berpengalaman di bidang kelistrikan karena mencari masalah yang berkaitan dengan kabel dan konektor tidaklah mudah dan di butuhkan kesabaran tinggi.
  3. Memeriksa jarum indikator temperatur pada speedometer apakah masih berfungsi.

Jika sistem bawaan pabrik sulit dipertahankan, bisa saja kita memasang meteran temperatur  after market yang dapat di beli di toko aksesori. Pemasangannya juga tidak sulit, yang penting ketika kendaraan kita jalankan suhu mesin bisa kita pantau.

 

Sumber: Klasika, Kompas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: