Seputar Transmisi Otomatis

Dalam berkendara bertransmisi otomatis, kita harus mengetahaui cara-cara mengendarainya dengan baik dan tepat. sebab, transmisi otomatis berbeda dengan transmisi manual.

Ada beberapa pertanyaan yang perlu kita perhatikan dalam menggunakan transmisi otomatis. salah satunya adalah kecepatan maksimum berapa yang disarankan untuk penggunaan gigi 1 dan 2 pada mobil matic untuk mendapatkan efek engine brake saat turunan atau mendapatkan efek torsi melimpah saat tanjakan?

Dalam pertanyaan di atas, berikut tips yang dapat kita gunakan dalam berkendara:

Jika menghadapi jalan menurun, sebaiknya di bawah kecepatan 100 km/jam gigi matic dipindahkan ke posisi gigi 2. jika jalan menurun cukup curam, jangan biarkan mesin terlalu menderu karena proses engine brake, sebaiknya sesekali dibantu dengan rem.

Gigi satu hanya digunakan jika menghadapi tanjakan yang sangat curam karena dengan menggunakan gigi ini, berarti anda tidak memperkenankan gigi berpindah. lain halnya jika membutuhkan torsi tambahan untuk melakukan manuver, ada tiga pilihan bagi anda:

1. Kick down. menghentak pedal gas ke lantai, hal ini akan memicu transmisi untuk berpindah ke gigi yang lebih besar.

2. Mematikan O/D melalui tombol OD dan terlihat OD off pada meter cluster.

3. Memindahkan tuas matic ke gigi yang lebih kecil. misalnya dari D ke 3 atau dari 3 ke 2. untuk cara ini, hati-hati jangan sampai turun 2 gigi sekaligus, kecuali memang pada kecepatan yang tidak terlalu gigi. karena kemudahan memindahkan tuas, dikhawatirkan RPM akan naik mendadak pada putaran yang terlalu tinggi.

Sekian tips yang dapat dipergunakan dalam berkendara anda, selamat berkendara dan hati-hati selalu dalam berkendara di jalan.

 

Sumber: Klasika, Kompas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: