Berkendara Terpaksa Menerjang Banjir

Bagi para pengendara kendaraan bermotor, musim hujan dan banjir merupakan momok yang menakutkan. namun jika anda terpaksa menerjang banjir, maka perhitungan yang tepat perlu dipikirkan. Salah satu caranya adalah bila banjir setinggi pas knalpot sebaiknya tarik gas selalu, hal ini berguna  agar air tidak dapat masuk lewat knalpot yang dapat membuat mogok kendaraan bermotor anda.

Supaya mobil dapat lewat dengan selamat, harus disesuaikan dengan tingkat keadaan banjir saat itu. berikut ini beberapa cara bijaksana untuk melewati jalan yang banjir:

  • Perhatikan permukaan banjir, apakah sampai menutupi permukaan ban atau tidak. kebanyakan mobil menepatkan distributor, koil, dan busi lebih tinggi dari ban. bila air masuk ke bagian tersebut akan menyebabkan arus pendek sehingga membuat arus listrik bekerja tidak beraturan, akibatnya mobil bisa mogok.
  • Jika mogok di tengah banjir, ikuti langkah berikut ini:
  1. Starter mesin sampai 2 atau 3 kali. jika tetap tidak bisa hidup jangan diteruskan. berhentilah di tempat yang aman dan tunggu sampai hujan reda.
  2. Buka kap mesin dan keringkan bagian distributor , koil, busi, kabel busi dengan kertas koran atau lap kering. cobalah starter hingga 2 atau 3 kali lagi. jika tidak mau hidup juga, cabutlah kabel busi. jika ada, bukalah tutup distributor, lalu keringkan.
  3. Cobalah hidupkan mesin lagi. setelah hidup dan keluar dari jalan yang tergenang banjir, cobalah rem beberapa kali sampai komponen-komponen kendaraan berfungsi kembali.
  4. Selanjutnya, segera bawa mobil ke bengkel resmi atau bengkel kepercayaan anda untuk diperiksa kondisinya. jika banjir terjadi ketika anda pulang dari bekerja dan kebetulan kantor anda memiliki tempat parkir bertingkat, lebih baik kendaraan ditinggal saja di tempat parkir tersebut apabila ketinggian air tidak memungkinkan anda untuk menjalankan kendaraan.

Selamat mencoba dan hati-hali selalu dalam berkendara..

Sumber: Klasika, Kompas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: