Merawat ” Air Filter ” mobil

Setiap filter udara tentu berbeda perawatannya. untuk yang terbuat dari karton, usianya maksimal sekitar 2500 km-5000 km. pada usia pakai tertentu, permukaan karton menjadi ‘berbulu’ yang jika bercampur dengan debu bisa masuk ke ruang pembakaran.

merawat filter karton relatif mudah. angkat filter dari sarangnya, lalu bersihkan dengan kompresor udara. kalau perlu, bagian pinggir filter diketuk hingga debu yang melekat rontok.

sementara filter yang terbuat dari spons, umumnya mampu bertahan hingga 15000 km, perawatan saringan ini. celupkan saringan spons ke dalam air, lalu cuci memakai deterjen.

setelah benar-benar bersih keringkan tapi jangan sampai kena sinar matahari langsung.

untuk filter berbahan serat katun, perawatannya agak mahal karena menggunakan cairan khusus.

setelah filter dilepas dari rumahnya, kemudian peranti penyaring udara itu diketok hingga semua debu dan kotoran yang menempel rontok semua. namun, saat ‘mengetok’ filter udara tersebut, usahakan menggunakan landasan empuk, seperti ban. tahap selanjutnya menyiram filter tersebut dengan air yang mengalir, baru kemudian disemprot dengan cairan sabun khusus. setelah didiamkan selama kurang lebih 5 meni, filter tersebut kemudian disiram kembali dengan air. proses tersebut diulang hingga air sisa pencucian terlihat lebih bening.

sebelum proses pengolesan dengan oli dilakukan, filter mesti dikeringkan. ada dua cara yang dianjurkan, dengan hair dryer atau kompresor, dengan tekanan angin yang rendah.

akhiri dari proses perawatan filter udara adalah pengolesan oli khusus.

 

Sumber: Klasika, Kompas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: