Sehat Tak Lekang Waktu

Tekstur kulit wanita berbeda dengan pria. Kulit pria jauh lebih tebal dan berminyak dibanding wanita. Namun, selain lebih tipis, kelenturan kulit wanita pun banyak dipengaruhi oleh siklus hidup seperti menstruasi, mengandung, melahirkan, dan menopouse yang banyak dipengaruhi sistem hormonal.

Jerawatlah yang paling banyak menjadi kendala saat menstruasi atau mengandung. Lantas, ketika wanita memasuki usia paruh baya, di atas usia 40 tahun, masalah yang timbul berupa hiperpigmentasi, keriput, kekeringan pada kulit, flek, stretch mark, dan selulit.

Hal itu terjadi karena kemampuan kulit untuk mempertahankan kondisinya mulai menurun, seperti kelembutan dan kekenyalan air. Selain karena penurunan hormon estrogen dan androgen, menurunnya kondisi kulit banyak dipicu paparan sinar ultraviolet, suhu dingin, polusi, stres, rokok, dan alkohol.

Melihat kendala itu, maka perawatan mutlak diperlukan untuk mempertahankan kondisi kulit yang baik. Simak langkah praktisnya sebagai berikut:

1. Apabila anda sering melakukan aktivitas di luar ruangan, pakailah tabir surya di muka dan bagian tubuh seperti siku tangan, dan leher. Ulangi lagi dua jam jika berkeringat. Anda pun dapat memilih alasbedak yang mengandung UV protection agar dapat debas dari flek hitam.

2. rajin membersihkan kulit muka setelah beraktivitas di luar ruang. Paling tidak rutin membersihkan wajah setiap kali sehabis mandi. Tentu anda membutuhkan pembersih muka atau face cleanser, susu pembersih, face tonic, dan astringent.

3. Setiap pagi dan malam sebelum tidur, gunakan pelembab sesuai jenis kulit wajah. Oiya, jangan lupa tubuh pun tetap memerlukan body lotin yang dapat anda oleskan setelah mandi.

4. Lengkapi dengan penipis kulit. Fungsinya untuk menghilangkan kelebihan sel-sel tanduk pada permukaan kulit serta kotoran, pigmen, dan lemak yang bisa menyumbat pori-pori wajah. Anda bisa memakai peeling cream atau powder setiap dua kali sebulan.

5. Rutin minum air putih minimal delapan gelas per hari. Bila banyak melakukan aktivitas di luar ruang, perbanyak konsumsi air putih.

6. Tingkatkan jumlah konsumsi sayur dan buah. Lengkapi hidangan harian anda dengan mengomsumsi jenis makanan ini dalam jenis bervariasi. Sebagai pilihan, anda pun dapat mengambil sayur dan buah yang berwarna terang karena pigmen kulitnya terdapat flavonoid yang mengandung antioksidan tinggi.

 

Sumber: Klasika, Kompas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: