Masih Sering Antre di Depan Printer..?

Antrean di depan printer laser warna mungkin salah satu pemandangan yang pernah anda lihat di kantor. Jumlah printer yang terbatas menjadi salah satu penyebabnya. Belum lagi jika kecepatan dan akurasi warna printer tiba-tiba bermasalah. Antrean pun akan semakin panjang dan lama.

Cetak-mencetak dokumen memang sudah menjadi kebutuhan primer di beberapa kantor. Entah untuk kebutuhan mencetak proposal ke klien atau mencetak dokumen untuk kebutuhan internal. Agar tak terjadi antrean panjang, sebelum memilih printer warna, anda dapat menyimak kiat-kiat berikut:

1.Kecepatan

Sebelum membeli printer, sebaiknya anda menghitung dulu kebutuhan rata-rata halaman yang dicetak di kantor setiap bulannya. selain itu, andapun dapat memperhatikan kemampuan respon warm-up timenya. hal ini bertujuan agar pola kebutuhan cetak-mencetak di kantor sesuai dengan kemampuan printer.

2. Akurasi warna

Mendapatkan hasil warna yang sama dan akurat dalam setiap cetakan tentu menjadi sebuah hal yang tak bisa ditawar lagi. Oleh sebab itu, di sini kalibrasi berperan cukup penting. Untungnya, rata-rata printer laser warna sudah dilengkapi dengan fitur kalibrasi untuk mengecek konsistensi warna.

3. Memori

Kecepatan dan kualitas cetak yang prima tentu menjadi keinginan semua pengguna printer. Namun, ada kalanya ketika mencetak dalam jumlah yang besar, kecepatan cetak menjadi tersendat.

Hal ini terjadi jika kecepatan memori (RAM) dari printer tersebut kurang memadai. Oleh sebab itu, perhatikan bagian RAM karena semakin tinggi memori, semakin baik juga kecepatan mencetaknya.

Namun, ada juga printer yang dapat berbagi tugas pencetakan dengan memori PC yang terkoneksi. Jadi, kendati data yang harus dicetak banyak dan kompleks, proses cetaknya tetap dapat dilakukan dalam kecepatan tinggi tanpa perlu memori printer yang tinggi.

4. Hemat energi

Pemanasan global membuat banyak pihak mulai memperhatikan lingkungan. Salah satunya melalui penggunaan alat-alat elektronik yang hemat energi. Nah, agar dapat turut serta menjaga lingkungan, anda dapat memilih printer laser denganasupan listrik yang minim. Apalagi jika printer tersebut akan digunakan nonstop setiap harinya.

 

 

Sumber: Klasika, Kompas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: