PETIK MANFAAT YOGA

Istilah yoga kini semakin jamak terdengar. Apalagi kini bisa ditemui diberbagai pusat kebugaran. Latihan yoga disenangi oleh berbagai usia, dari anak kecil sampai orangtua, karena diyakini akan banyak manfaatnya.

Menilik sejarahnya, seni meditasini berasal dari negara India, sejak 3000 tahun lalu. Yoga berasal dari bahasa sansekerta “Yuj”yang berarti penyatuan. Menurut para ahli yoga, penyatuan yang dimaksud adalah penyatuan tubuh dengan pikiran dan pikiran dengan jiwa untuk mencapai kebahagiaan, keseimbangan hidup, serta mendekatkan diri dengan Tuhan dan alam sekitar.

Yoga memiliki banyak jenis aliran, seperti hatha yoga, bikram yoga, yantra yoga, dan masih banyak lagi. Aliran dasar dan populer adalah hatha yoga, yaitu penyatuan dengan pernafasan dan olah tubuh. Banyak pengembangan yoga, misalnya bikram yoga-yoga di dalam suhu ruang yang panas 42 derajat celcius sekaligus untuk detosifikasi, pre natal yoga untuk ibu hamil, sun yoga untuk anak-anak. Pada dasarnya, semua aliran yoga memberi manfaat bagi kesehatan.

Terdapat penelitian terkini ilmuwan dan Duke University, Durham, North Carolina, Amerika Serikat, yang menyebutkan yoga bermanfaat meningkatkan kondisi kesehatan para penderita kanker payudara. Dalam penelitian itu, diketahui bahwa orang yang melakukan program latihan yoga selama delapan pekan membuat badan lebih bugar karena beberapa syaraf tubuh yang mati bias diaktifkan kembali.

Di samping itu, latihan yoga juga bermanfaat membantu meningkatkan kondisi fisik yang lemah menjadi lebih segar. Bahkan, yoga mampu meningkatkan daya tahan tubuh, menghilangkan rasa sakit, gangguan tidur, dan berbagai gejala stress.

Yang jelas, yoga dapat membantu memberikan keluwesan dan fleksibilitas yang baik untuk tubuh. Manfaat ini yang paling langsung terasa, karena di awal latihan, biasanya akan ada gerakan backbend yang menyentuh ibu jari kaki. Pada awalnya mungkin akan sulit, namun, jika terus berlatih, tubuh secara perlahan lebih fleksibel dan akhirnya bias menyentuh jempol kaki.

Seiring berjalannya waktu, rasa nyeri dan pegal-pegal di tubuh pun hilang. Selain manfaat fleksibilitas, yoga dapat membantu memperbaiki postur tubuh dan manfaat lain yang berhubungan dengan tulang dan sendi, serta proses detosifikasi hidup sehat dan tenang, bias diawali dengan rutin mengikuti yoga.

 

Sumber: Klasika, Kompas

2 Comments »

  1. cintaaerobik Said:

    salam kenal Gan
    Kalau untuk jenis2 yoga itu ada berapa ya?
    dan Kalau untuk Tren baju senam terbaruapakah gantau?
    Moga sikses Gan


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: