Cegah Risiko Kecelakaan Ketika Hujan

Berkendara ketika hujan memang tak dianjurkan. Jalan yang basah dan licin menyebabkan risiko kecelakaan lebih tinggi daripada jalan normal. Untuk meminimalkan risiko kecelakaan berkendara di kala hujan, Anda dapat menyimak hal-hal berikut ini.

  • Pertama

Siapkan kendaraan anda sebaik mungkin sebelum mulai berkendara melewati lintasan yang licin dan basah. Periksa keadaan semua ban mobil, atur tekanan udaranya dengan benar seperti yang telah ditentukan dari pabrik. Informasi tentang tekanan udara ini dapat dilihat di tiang pintu, di laci dashboard, maupun di balik tutup tangki bahan bakar.

Selain itu, pastikan bahwa tak ada ban yang gundul. Ban yang gundul berisiko tinggi menyebabkan mobil tergelincir. Jadi, gantilah segera ban yang gundul dengan ban baru.

  • Kedua

Kurangi kecepatan kendaraan ketika melaju membelah hujan. Lapisan air setipis apa pun di atas aspal membuat jalan menjadi licin. Dengan mengurangi kecepatan mengemudi, air hujan dapat mengalir dengan mudah melalui permukaan alur ban sehingga aquaplanning tak terbentuk.

  • Ketiga

Periksa juga semua lampu mobil, seperti lampu depan, lampu belakang, lampu rem, dan lampu sen. Segera perbaiki atau ganti dengan yang baru apabila anda menemukan lampu yang tak berfungsi sebagaimana mestinya. Hal ini dimaksudkan supaya pengemudi kendaraan lain dapat mengatur jarak dengan kendaraan anda. Karena pada saat hujan, pandangan menjadi lebih pendek, cahaya lampu sangat membantu sebagai pemberi tanda.

  • Keempat

Di jalan yang licin, cengkeraman ban tidak sempurna sehingga rem membutuhkan jarak tiga kali lebih panjang daripada di jalan dengan kendaraan di depan anda. Semakin tinggi kecepatan mobil, semakin jauh jarak pengereman yang anda butuhkan.

  • Kelima

Mengemudi mobil di atas jalan yang licin pun hendaknya tidak membuat gerakan-gerakan yang mendadak, terutama pada saat ingin mendahului kendaraan di depan. Pertahankan agar mobil tetap stabil dan melaju dengan tenang. Gerakan yang mendadak pada jalan licin dapat membuat mobil kehilangan keseimbangan dan tergelincir.

Hujan memang tak dapat dihindari, tetapi risiko kecelakaan selalu dapat dicegah. Selamat berkendara.

 

Sumber: Klasika, Kompas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: