Mencegah goresan pada Bodi Mobil

Tidak hanya pandai mengendarainya, namun memiliki sebuah mobil tentu tidak lepas dari rutin melakukan perawatan secara berkala.

Lantas bicara tentang perawatan, tentu tidak hanya memperhatikan onderdil atau mesin semata. karena elemen eksterior seperti bodi mobil patut menjadi perhatian si pemiliknya.

Bisa dibayangkan bagaimana rasanya bila saat pergi berkendara, mobil anda penuh lumpur dan banyak goresan?

Ibarat cerminan diri, kondisi mobil pun bisa memicu persepsi tertentu. alih-alih ingin tampil gaya, tapi justru citra anda “tercoreng” karena kotornya si bodi kendaraan.

Oleh karena itu perawatan secara berkala, memang mutlak diperlukan. Terlebih untuk mempertahankan “stamina” kendaraan anda tetap prima.

Selain itu, pilihan untuk perlindungan bodi mobil perlu dilakukan secara teratur, terutama agar terhindar dari goresan yang dapat mengurangi daya pikat kendaraan.

Untuk membantu melindungi bodi mobil, inilah beberapa kiatnya:

  • Telitilah memilih dan menggunakan cover mobil

Barang ini memang menjadi satu pilihan proteksi. Namun perlu diketahui, apabila salah memilih material dan salah memakainya, bodi mobil pun bisa rentan terhadap gesekan.

Bahkan meskipun hanya terbuat dari kain dan berbahan anti gores, tetap saja cover mobil bisa menyebabkan gesekan.

Perlahan-lahan bila hal kondisi ini dibiarkan, akan muncul goresan halus yang makin lama makin meluas di bodi. Maka, telitilah sebelum membeli dan menggunakan si cover ini.

  • Sebelum dan Saat memasang cover

Cucilah mobil atau paling tidak bersihkan mobil dari kotoran dengan lapa basah lalu keringkan. Sehabis itu, barulah memasang cover. Pasalnya, walaupun berukuran kecil, kotoran dan debu tetap bisa menimbulkan goresan.

Nah, sebaliknya saat memakai cover mobil jangan lakukan seorang diri. dianjurkan untuk mengajak satu rekan atau lebih. Tujuannya untuk memastikan agar kain cover mengembang secara sempurna dan meminimalkan gesekan yang memicu goresan.

  • Hindari parkir sembarang tempat

Apabila anda tidak memiliki carport yang memadai di rumah, bukan berarti anda bisa sembarangan memarkirkan mobil. Sebaiknya hindari parkir mobil di area lapang tanpa teduhan. Tujuannya untuk menghindari terik matahari yang sangat menyengat serta datangnya hujan lebat. Paparan dari perubahan cuaca ini, lama kelamaan bisa merusak bodi mobil.

Lantas, bila memilih parkir di bawah pohon, sebaiknya jangan di bawah pohon yang berbuah. Yang ditakutkan, apabila buah yang tergantungĀ  di pohon terjatuh mengenai bodi mobil, bila didiamkan terlalu lama, bisa menimbulkan kotoran yang sulit dihilangkan.

 

Sumber: Klasika,Kompas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: